Wisata Kuliner Thailand

Rabu, 01 Juni 2016

Wisata Kuliner Thailand



Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan untuk mengunjungi Si Negeri Gajah Putih alias Thailand. Ya Thailand memang terkenal dengan makanan-makanan yang luar biasa. Tepatnya di Bangkok saya menghabiskan 6 hari 5 malam saya dengan makanan-makanan yang 'wah' baik makanan tradisional Thailand maupun jenis makanan lain yang tidak kalah enak pula. Salah satu daya tarik dari kuliner di Bangkok, Thailand adalah makanan dan warung-warung pinggir jalannya, praktis, murah dan enak. Makanan-makanan seperti ini sangat mudah didapat di pinggiran jalan Bangkok. Yang harus dicoba menurut saya: tom yam (sudah pasti), som tam (green papaya salad) (mirip rujak), mie-mie-an, snack yang ditusuk-tusuk dijual dipinggir jalan.






Selain makanan-makanan pinggir jalan, adalah wajib hukumnya untuk mencoba makanan-makanan Thailand yang dijual di restaurant-restaurant. Thailand yang memang sudah terkenal dengan image surga makanannya memiliki banyak sekali restaurant yang benar-benar bagus. 
Thanying Restaurant (Thanon Pramuan, Silom)

Konsep yang ditawarkan oleh restaurant ini adalah "royal/kerajaan". Jadi dari pelayan, properti hingga tata hidang di tempat ini adalah classic layaknya di istana. Disini saya sangat puas menikmati hidangan yang ditawarkan. Dari atas kebawah gambar dibawah adalah makanan yang paling saya suka di Thanying. 
Bisa dilihat sendiri dalam gambar bagaimana enaknya sauted pork ini. Kulitnya yang crispy dan dagingnya yang lembut serta asparagus yang gurih ditambah saus yang lezat = mantap! 
Four Kinds of Curry memberikan kita kesempatan untuk mencoba 4 jenis curry yang berbeda, mengingat Thailand sangat terkenal dengan curry nya. Ada yang pedas, manis, savory dan agak asam. Tiap-tiap curry dimasak dengan daging yang berbeda pula ada: ikan, babi, sapi dan ayam. Keempat curry sama-sama enak dan memiliki rasa khasnya masing-masing. Favorite saya adalah green curry yang terlihat agak berwarna hijau.  
Tongue Thai (Charoen Krung Road, Bang Rak District)
 

Ini merupakan restaurant yang paling saya suka di Bangkok dari semua restaurant yang sempat saya kunjungi dalam agenda jalan-jalan saya. Disini kita bisa menikmati makanan khas Thailand dengan rasa yang 'wah'. Saat saya datang ke tempat ini, ternyata tempat ini masih tutup akhirnya saya harus menunggu selama kurang lebih 30 menit sampai restaurant ini buka. Ternyata penantian saya tidak sia-sia. Makanan yang dihidangkan disini adalah makanan dengan kualitas rasa yang tinggi. Tidak satupun dari makanan yang saya pesan mengecewakan semuanya enak! Selain itu pelayanan, interior, perabotan nya disini sangat unik dan khas Thailand. Rasa dan suasana authentic Thailand sangat bisa dinikmati di Tongue Thai ini. Beberapa makanan yang saya makan (seperti di foto). Urutan dari yang paling saya suka: Soft Shell Crab, Clear Soup Tom Yum, Four Kinds of Thai Appetizer, Vegetable Spicy Dip. 

Soft Shell Crab: Ini enak sekali! Harus coba!

Clear Soup Tom Yum: Biasanya Tom Yum adalah kental, pedas, dan mengandung banyak santan. Disini kita bisa menikmati Tom Yam yang berbeda. Clear Soup Tom Yam memberi rasa yang ringan, tidak keras (savory), gurih (kaya kaldu) dan fresh. Sangat cocok untuk permulaan untuk acara makan yang 'wah'

Four Kinds of Appetizer: Ingin mencoba banyak makanan Thai tanpa membayar banyak? pilih makanan ini. Kita akan disuguhkan dengan empat jenis makanan khas Thailand yang masing-masing memiliki rasa uniknya tersendiri. Favorite: som tam seperti rujak Thailand.  






Baan Khanitha (Asiatique The Riverfront)
Baan Khanita merupakan salah satu restaurant ternama di Thailand. Sering kali ramai dan susah untuk duduk kalau tidak reserved dulu. Ketika saya berkunjung ke Asiatique sangat beruntung saya dan teman berhasil mendapat spot tanpa reserved. Disana kami memesan beberapa makanan. Jujur saja rasa dan harga yang ditawarkan oleh restaurant ini menurut saya tidak sesuai, selain itu masakannya juga tidak seenak harapan/bayangan saya. White Soup Tom Yam dan Fish Fried with Spice nya menurut saya sangat enak. Tapi secara keseluruhan (semua dish yang saya makan dan pengalama makan di tempat ini) dari segi rasa (terutama) dan harga tidak seperti bayangan saya.



Chatuchak Market
Capek dan lapar habis jalan-jalan dan belanja di Pasar Chatuchak (weekends market). Saya memutuskan untuk mencari makan di areal sekitar pasar. Sebenarnya disini sangat banyak pilihan tempat makan tapi saya asal masuk saja ke salah satunya (lupa nama). Tidak sangka semua makanannya enak! Memang Thailand jagonya kuliner, semuanya pada enak-enak ^.^






Doorae (Korean Town/Sukhumvit Plaza)
The best korean BBQ I ever tasted! Enak, enak, enak! nothing else to say. Best quality of meat and super delicious korean dishes. Wonderful!



Sakenomise Kushikatsu
(Bang Rak District) Bosan selama lima hari berturut-turut makan makanan khas Thailand, di malam terakhir saya di Bangkoj saya memutuskan untuk makan makanan lain selain Thai, akhirnya memutuskan untuk makan makanan Jepang. Kebetulan saya adalah keturunan Jepang (half) dan teman saya (sudah seperti keluarga sendiri: semacam Tante) adalah orang Jepang asli. Di Bangkok kebetulan teman saya tersebut punya teman yang sama-sama orang Jepang tapi menetap disini dan dia merekomendasikan tempat ini: Sakenomise. Makanan disini enak dan yang paling penting dalam masakan Jepang adalah FRESH! Sashimi sangat fresh, miso soup juga enak. Sabba dan Oysternya juga fresh, gurih dan crispy. Sangat enak. Tidak menyesal makan disini pada malam terakhir di Bangkok :)







Secret Garden
(Central World Mall) Capek jalan-jalan di mall, cocok buat makan yang manis-manis. Sebenarnya saya mampir kesini karena tidak sengaja. Saat jalan-jalan di Central, cafe ini sangat menarik perhatian karena designnya yang lucu seperti taman di istana untuk putri, jadi saya coba untuk masuk. Ternyata tidak salah masuk! Pertamanya saya memesan new york cheseecakenya karena terlihat enak dan memang benar enak. Tapi kemudian saya penasaran karena ada tumpukan kue yang sampai distok lebih dari 10 kotak: crepe cake. Karena penasaran jadi saya putuskan untuk mencoba. Dan ternyata ini benar benar enak!!!! tekstur sangat lembut, creamy saus strawberry yang manis dan sedikit asam. Perpaduan yang pas! Mantap! Crepe Cake with Strawberry Sauce, YES!





Special Feature: Enjoying sunset at Eagle Nest
(The perfect spot to enjoy the beautiful sunset of Bangkok while enjoying the beauty of the whole city, the river and the temple ^.~)
Recommended spot!