Wisata Kuliner Singapura

Rabu, 01 Juni 2016


Wisata Kuliner Singapura


Singapura adalah nama dari sebuah negara yang mempunyai perekonomian sangat baik di kawasan Asia Tenggara. Terletak dibagian bawah Malaysia, Singapura mempunyai rasio wisatawan yang sangat besar. Wisatawan dapat datang dari berbagai negara termasuk Indonesia. Mengapa Singapura menjadi destinasi bagi para wisatawan ? Sangat banyak faktor dan salah satunya adalah wisata kuliner di negara yang berlambangkan singa tersebut. 

Daftar beberapa tempat makan di Singapura yang patut direkomendasikan :

1. Fongseng nasi lemak & the cheese prata di daerah Clementi, dekat NUS. Buka 24 jam dengan harga sekitar 2 dolar untuk pratanya, nasi lemak sekitar  4-5 dolar sudah lumayan lengkap. Sambal dan saba fish nya enak.
 

 2. Anjappar restaurant di seberang Mustafa Center. Sebenarnya ada satu cabang lagi di tempat lain. Makan berdua dengan menu chicken masala/tandori, dried veggie (bawang bombay balut tepung warna merah) plus nasi dan minuman sekitar 30 dolar.
 

3. Prata Jln. Kayu di United Square. Harganya berkisar antara 1.5-3 dolar. Ada menu lain seperti briyani, murtabak, roti john, dll.
 

4. East Coast Seafood Centre. Banyak resto seafood seperti red house, long beach, jumbo seafood, dll. Berhubung baru mencoba dua tempat yaitu red house dan jumbo, bisa dikatakan red house lebih sedap. Namun harga termasuk mahal. Tiga menu seperti crayfish, bamboo shell, blackpaper crab, sayuran, nasi dan minuman sekitar 200 dolar. Lebih mantab kalau makannya ditraktir teman atau patungan berramai-ramai. Ada yang bilang kalau no signboard adalah resto seafood paling enak tapi gw belum pernah mencoba.
 

5. Restoran Indonesia yang rasanya benar-benar mendekati cita rasa Indonesia. Karena banyak menu dengan nama Indonesia tetapi rasanya Melayu sekali atau India sekali. Java kitchen di Vivo City, ada cabang lain di Tj Katong. Ayam Penyet Ria di Lucky Plaza. Harganya sekitar 10 dolar untuk ayam penyet dan minuman. Sanur Restaurant di Causeway Point dan di Ngee Ann City. Harga makanan dan minuman untuk berdua sekitar 80 dolar, namun sambalnya bercita rasa jeruk limau. Jarang-jarang ada sambal limau seperti ini di Singapura. Waroeng penyet dengan harga makanan berkisar 4-5 dolar.
 


6. Yong Tau Foo, makanan ini mirip dengan bakwan malang. Enam items plus mie skitar 4 dolar. Bagi yang muslim, bisa tetap menikmati makanan ini di banquet (food court berlabel halal) atau bisa ditanyakan dahulu kepada penjaga kedai apakah kuahnya dimasak dengan tulang babi atau tidak.

7. Lau Pa Sat. Banyak kedai seafood, satay dan kedai makanan lengkap berada di kawasan ini. Kedai minumannya pun tak ketinggalan meyajikan teh tarik yang cara penyajiannya cukup unik dan karena kawasan ini dibuka di jalan raya maka memberikan sensasi makan yang berbeda dari tempat lainnya.

8. IKEA Restaurant di Tampines dan Alexandra Road. Poached salmonnya nendang banged plus roasted chicken dan almond cheese cake wajib dicoba. Choco cake-nya yummy. Harganya sekitar 12-17 dolar lengkap dengan minuman serta cake untuk berdua.
 

9. Nasi lemak Qiji di Bugis Village beserta cabang-cabangnya. Nasinya agak kehijauan tetapi gurih dan wangi. Harganya sekitar 4-5 dolar tergantung lauknya.
 

10. Newton Food Centre. Tempatnya asyik dan banyak kedai seafood. Kemarin pesan di kedai Modern Bbq di dekat pintu masuk utama, rasanya lumayan enak dan ada label halalnya. Pesan chili crab, dua crayfish, sting ray dan sambal sotong plus nasi dan sayur sekitar 100 dolar.

11. Muthu’s curry di dekat MRT Farrer Park (Race Course Road) berjajar dengan Gayatri Banana Leaf yang cukup terkenal. Gayatri ngga terlalu enak buat gw. Butter chicken-nya asam seperti kebanyakan tomat, masalanya juga kurang sedap, tetapi pelayannya ramah-ramah. Restoran ini sejajar dengan Anjappar dan Apolo Banana Leaf dan resto-resto India lainnya. Pesan butter naan, butter chicken, malai broccoli kebab n lime juice untuk berdua sekitar 30 dolar.
 

12. Bongo Burgers di Jurong Bird Park. Daging bbq-nya wuenak, besar dan mantab. Blenger Burger di Bintaro kalah juara deh. Sambalnya juga sedap. Harganya sekitar 12 dolar dengan minuman dan kentang goreng 

13. Seoul garden. Makan sepuasnya dengan menu ayam, daging, seafood dengan cara dibakar atau direbus. Dengan pelengkap seperti salad, bubur, western food, sushi, es krim, kue, puding, buah, dll. Harga sekitar 25 dolar untuk dewasa.

14. Spize Supper Club di Simpang Bedok. Menyajikan makanan India, Asia, Barat. Harga mulai dari 2 dolar sampai belasan dolar. Favorit gw chicken swarma-nya ( a la kebab).

 

15. Lerk thai. Resto Thailand yang enyakkk. Favorit gw adalah pahd thai-nya dan segala minuman yang tersedia. Ada es serai, es pandan, es herbal bahkan lemon tea-nya rasanya berbeda. Segar banget! Mungkin gula yang dipakai bukan gula pasir biasa, manisnya lembut di lidah.  Phad thai dan es serai menghabiskan sekitar 11 dolar. Resto ini mempunyai beberapa cabang, antara lain di Bugis Village, Singapore Expo dan tempat-tempat lainnya.


16. Mr. Prata di Evans Road, berdekatan dengan Evans Lodge-NUS Bukit Timah. Pratanya sekitar 2,5 – 4 dolar. Banyak pilihan tersedia di sana. Antara lain : prata mushroom cheese, banana, dll. Mie gorengnya lumayan enak dan banyak pilihan minuman seperti berbagai macam juice dan lassi. Buka 24 jam tetapi kalau malam hanya tersedia beberapa menu saja.
 

17. Di daerah geylang ada Hjh Maimunah Restaurant yang menyajikan berbagai macam makanan melayu. Harga sekitar 7 dolar untuk makanan dengan dua lauk dan minuman. Ada pula Di Tanjong Katong Cafe Restaurant yang terletak di dalam Tanjong Katong Complex. Claypot rice-nya enak. Harganya 7 dolar (meal set termasuk sup, minum dan buah). Tetapi nasinya panas sekali. Jadi kalau sedang terburu-buru lebih baik jangan pesan menu ini. Tersedia menu lain seperti masakan Cina dan Barat. Harga berkisar 4.5 – 20 dolar.